Tuesday 7 May 2013

Cinco de Mayo Celebration


Sebelumnya saya nggak pernah tahu tentang jenis perayaan ini. Awalnya saya pikir ini adalah salah satu ragam rupa makanan Mexico yang berhubungan dengan mayonaise. Bego banget, memang. Baru tahu dari Damaris, guru salsa saya, kalo Cinco de Mayo merupakan salah satu pesta perayaan yang cukup terkenal di kalangan Mexican dan latinos yang tinggal di luar negara mereka. Yang lucunya lagi, di Mexico nggak terlalu dirayain.

Cinco de Mayo kalau dibahasakan menjadi " 5 Mei". Apa yang istimewa di tanggal ini? Coba tebak dulu.. atau iseng-iseng ikutan kuis di sini sekalian melatih pengetahuan sejarah: http://www.huffingtonpost.com/2013/05/03/cinco-de-mayo-quiz-mexican-history_n_3209326.html



Cinco de Mayo ternyata bukan perayaan hari kemerdekaan Mexico. Juga bukan hari lahir seseorang. Nyontek sedikit dari beberapa informasi, pesta Cinco de Mayo diadakan untuk memperingati kemenangan tentara Mexico di Benteng Puebla tahun 1862. Dimulai dari keputusan sang Presiden Mexico untuk mangkir bayar hutang ke Perancis karena perang sudah menguras keuangan negara mereka. Tentuanya Napoleon III tidak terima dan langsung menurunkan pasukannya, yang di era tersebut sedang berjaya dengan rekor 50 tahun tak terkalahkan.   Sejumlah 6,000 tentara diturunkan ke Veracruz. Tentunya Mexico tidak mau tunduk diam. Walau kalah jumlah (hanya 4,500 tentara), tapi mereka nekat dan berhasil memukul mundur pasukan Perancis dari benteng Puebla. 

Begitulah ceritanya..

Perayaannya sendiri ternyata cukup lucu. Saya memenuhi undangan Chris dan Damaris yang kali ini hosting di Hacienda Mexican Resto and Bar (http://www.haciendajakarta.com/) untuk Early Cinco de Mayo. Suasana seru banget dengan langit-langit restaurant dihiasi dengan gantungan piñata. Damaris & Chris berkostum putih dan bertopi sombrero membuka pesta dengan tarian khas Mexico. Gerakan penuh dengan hentakan gembira dan kibasan gaun yang cantik. Diantara gerakan tersebut, mereka berdua memainkan langkah kaki untuk menjalin selendang kecil yang tergelar dilantai menjadi sebuah jalinan pita. Sungguh cantik dan dinamis! 

Celebration Dance by Damaris and Chris

Menutup tarian, langsung menyambung keriaan. Nggak mau ketinggalan, saya ikut bergoyang ria. Campuran musik khas mexico, lagu-lagu salsa dan merenge bikin semua orang larut. Di tengah musik dan tarian latin, pengunjung cafe membentuk lingkaran. Saat-nya permainan paling seru: Tequilla drinking challenge. Kandidat ada 3: Yudhi yang asli Indonesia, Rayco dari Kuba dan Lionel orang Perancis. Minumnya bukan dari shot glass..tapi langsung dari botol!! Ayo tebak lagi, siapa yang menang. hahaha. Nggak nyangka juga, Yudhi yang paling serakah menghabiskan satu botol tequilla. Masya allah!! hahaha. Pantas  saja sepanjang malam dia tetap dansa dansi gembira sekalipun kaki-nya sempat babak belur terinjak high-heel tetangga. 

The Pinata Hunters
Puncak acara tentunya harus ada hadiah. Kabar burung, ada doorprize tersimpan di dalam pinata yang melambai di langit-langit. Ketidaksabaran seri 2 tentunya adalah acara pecahin pinata. Tiga pengunjung jadi volunteer untuk memukul piñata dengan mata tertutur. One.. two.. threee.. pyaaaarrr.. piñata pecah menyemburkan butiran-butiran permen, kertas dan tentunya voucher hadiah. Pemandangan lucu, sekitar 15 menit.. semua orang sibuk mengais-ngais lantai. Memungut permen dan juga berharap menemukan kartu doorprize. Sayang saja, saya harus pulang cepat demi squash besok pagi. Jadinya nggak tahu siapa yang beruntung malam itu dapat door prize!!

Happy Cinco de Mayo, everyone!!! Let's make peace not war!

No comments:

Post a Comment

Author